TELA-TELA DAN ES BUAH

TELA-TELA DAN ES BUAH
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhZAUQT8dYGW-q1WHwZrzq0qzz_bz5Ce2Z4TPwgPH8_zz44zh_WaOCur2fGbtl8BFTykt3vpMR59banaC9XpKGecGAlbR4ZLBZkzNSFMD2AGBYrYYgew8eGN8Y7MPyKAwBqvoYKO9jQLS4K/s72-c/MARKETING.png

TUGAS BISNIS ONLINE

PROPOSAL USAHA
TELA-TELA DAN ES BUAH



DISUSUN OLEH:
NI LUH EKHA YULIANTI
KADEK RISMA JULIANI
ELIS SETIAWATI
RINDANG NUR HUMAIRAH
ANGGA SYAHPUTRA
ARLAN


KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan tuntunan-Nyalah saya dapat menyelesaikan proposal ini dengan baik dan tepat pada waktunya.
Berbicara rencana usaha atau rencana bisnis, usaha adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam berusaha seseorang harus melakukan setiap usahanya dengan tekun agar kegiatan usaha yang di jalankan dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Rencana usaha berawal dari ide usaha, kemudian ide usaha tergantung dari kreativitas yang dimiliki oleh setiap orang, ide usaha juga timbul dari hobby dan minat setiap orang. Oleh karena itu, setiap orang yang ingin menjalankan usahanya maka harus sesuai dengan minat dan bakat yang di miliki dalam diri sendiri.
Proposal ini membahas tentang rencana usaha  makanan tela­-tela dan es buah. Akan tetapi pada pembuatan proposal ini saya akan fokus pada rencana pembuatan “tela-tela dan esbuah”, dengan kreatifitas dan Inovasi baru yang belum pernah dibuat oleh orang lain.  Pembuatan proposal ini di dorong oleh kenyataan bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan.Untuk itu saya memohon saran dan  kritik yang membangun atas proposal ini sangat di harapkan. Akhir kata saya ucapkan limpah terima kasih.

Unaaha,   September 2019
Penulis








DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL.................................................................................................................i
KATA PENGANTAR……….................................................................................................. ii
DAFTAR ISI…………………............................................................................................... iii

BAB I PENDAHULUAN......................................................................................................... 1
1.1 Latar belakang ………........................................................................................................ 1
1.2 Visi usaha ……………....................................................................................................... 2
1.3 Misi usaha……………... ................................................................................................... 2

BAB II PEMBAHASAN...........................................................................................................3
1.1 Rencana bisnis……….........................................................................................................3
1.2 marketing mix ( bauranpemasaran) ....................................................................................6

BAB III ANALISIS SWOT………………………………………………………………....... 8
1.1 kekuatan(strength) ................................................................................................................8
1.2 kelemahan (weakness) .........................................................................................................8
1.3 peluang (opportunity) ..........................................................................................................8
1.4 ancaman (threat) ..................................................................................................................8

BABIV ANALISIS BIAYA…...................................................................................................9
1.1 biaya penerimaan ...............................................................................................................11
1.2 biaya produksi ...................................................................................................................12
1.3 keuntungan (pendapatan) ...................................................................................................12

BAB V PENUTUP………………………………………………………...……………….....13



BAB I

PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
Di zaman  modern ini kita memasuki era globalisasi yang menawarkan banyak  hal-hal yang instan, tidak terkecuali makanan. Proses yang instan inilah yang cenderung menurunkan kualitas makanan. Meski begitu menjamurnya makanan-makanan instan menyebabkan beberapa makanan tradisional sering terabaikan dan menurun jumlahnya di pasaran. Pada gilirannya hal tersebut menyebabkan para pembuat makanan tradisional merugi.
Ketatnya persaingan di pasar makanan tidak menyurutkan langkah kami guna  mencoba memproduksi suatu makanan tradisional yang tidak kalah menarik dengan makanan instan. Tentunya dengan harapan mampu bersaing dalam pasar makanan. Produk makanan atau Cemilan tersebut saya namakan telatela dan es buah”.
Jenis usaha yang akan kami jalankan ini akan kami modifikasi dari segi bentuk maupun rasa sehingga mampu menghasilkan makanan yang berkualitas dan menarik.
Indonesia merupakan negara yang memiliki kesuburan tanah yang sangat tinggi. Hal ini nampak pada hasil tanamanbertunas, salah satunya yaitu tanaman ubi dan beraneka tanaman buah yang banyak di tanam oleh Petani Khususnya di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara. Tanaman ini mempunyai nutrisiyang tinggi dan pada umumnya tahan terhadap suhu tinggi. Ubi kayu dan buah-buahan tergolong bahan makanan yang kaya akan manfaat dan Nutrisi memiliki beberapa manfaat antara lain: sebagai bahan diversifikasi pangan yang bernilai gizi tinggi, tanaman cepat menghasilkan (cash crop) bagi petani, bahan dasar industri pangan, serta bahan makanan fast-food yang menjamur di kota-kota besar.
Saat ini potensi di sekitar pertanian menjadi salah satu aspek yang harus diprioritaskan dan menjadi peluang usaha yang bagus bagi pembangunan nasional. Misalnya dengan mengolah umbi-umbian  menjadi berbagai macam makanan ringan yang mempunyai rasa khas dan tahan lama untuk disimpan. Bentuk olahan tersebut bisa berupa tepung, gaplek, tapai, Kerupuk dan lainnya.

Makanan ringan atau snack telah berkembang dengan pesat baik jenisnya, cita rasa maupun kemasannya. Salah satu jenis makanan ringan yang cukup berhasil di pasaran adalah Keripik. Produk makanan ringan dalam perkembangannya dapat diproduksi dari berbagai macam bahan baku diantaranya makanan ringan berbahan baku ubi kayu dan buah-buahan.
cemilan merupakan salah satu makanan ringan favorit yang pastinya disukai oleh banyak orang. Selain enak, pembuatan camilan ini tergolong mudah, sehingga banyak orang yang menyukainya bahkan menjadikannya peluang bisnis yang memiliki omset penjualan cukup tinggi. Pembuatan cemilansaat ini masih terbatas pada usaha kecil atau industri rumah tangga dengan ditujukan untuk pasaran lokal. Pada umumnya dipasarkan melalui pedagang perantara, warung, toko-toko kecil, penjajah jalanan serta pasar swalayan dengan pengemasan dan cara pengemasan bervariasi tergantung pada sasaran yang dituju. Dengan makin baiknya pengolahan dan pengemasan sehingga diperoleh cemilandanesbuahyang bermutu dan terjaga kebersihan, diharapkan pemasaran produk ini dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.

1.2 Visi Usaha
Visi usaha kami yakni memperkenalkan dan mempertahankan kualitas produk makanan Indonesia tela-tela dan es buahsehingga mampu menjadi makanan yang berkualitas, menarik dan diterima oleh kalangan masyarakat sebagai makanan siap saji atau cemilan.

1.3 Misi Usaha
Adapun misi yang coba kami terapkan adalah :
·         Memperkenalkan produk pada masyarakat luas
·         Memberikan kepuasan pada pelanggan
·         Memanfaatkan bahan baku utama, ubi kayu/singkong dan es buah sehingga menjadi Cemilan atau  makanan yang berkualitas
·         Mencari keuntungan dari modal yang kecil
·         Selain ingin mendapatkan keuntungan kami ingin mendapatkan berkah dalam usaha ini.




BAB II
PEMBAHASAN

A.    RENCANA BISNIS
1.      Deskripsi Usaha
Usaha ini saya dirikan karena melihat adanya sebuah peluang usaha yang sangat besar. Selain itu tela-tela dan es buah ini sangat diminati oleh berbagai kalangan dari mulai anak – anak sampai orang dewasa karena digunakan sebagai makanan cemilan. Pengelolaan terhadap usaha ini terbilang mudah dan cepat diterima masyarakat.
Saya berharap dari usaha kami ini nantinya dapat berkembang dan bisa mencukupi kebutuhan hidup serta memberikan laba yang cukup besar. Tela-tela dan es buah yang saya berikan nama “ tela-tela dan es buah“ kami buat bebas dari bahan pengawet dan rasanya gurih, enak,manis dan gurih.

a.       Produk
Produk yang dihasilkan berbentuk cemilan dan minuman yang memiliki ukuran seragam terbuat dari olahan ubi kayu dan es buah yang di beri rasa berbeda serta berbagai macam penunjangnya.Bahan – bahan pembuatan tela-tela dan es buah adalah :

Bahan-bahan es buah
1)      Melon
2)      Bijiselasi
3)      Agar-agar
4)      Sirup DHT
5)      Mutiara
6)      Pasta makanan
7)      Kelapa
8)      Susu
9)      Gula
10)  Esbatu

Bahan-bahantela-tela
1)      minyak
2)      singkong/ubi  kayu
3)      bumbu balado

Alat – alat :
1)      Penggorengan (wajan)
2)      Dandang atau Priuk
3)      Kompor Gas
4)      Baskom
5)      Pisau atau Kater
6)      Sendok

b.      Tempat
BTN BUANA BUNGGASI KELURAHAN TUMPAS
c.        Proses Produksi
Cara membuattela-telaini yaitu :
1)      Kupas singkong lalu bersihkan
2)      Potong- potong 10 cm atau  sesuai selera
3)      Rebus singkong, tambahkan garam pada air rebusan tunggu hingga lembut (matang)  skitar 30 menit.jangan terlalu lama nanti lembek.
4)      Setelah matang angkat tiriskan dan dinginkan
5)      Iris tipis atau sesuai selera lalu goreng
6)      Terakhir taburkan bumbu balado instan.

Cara membuat es buah:
1)      Siapkan mangkuk
2)      Masukan buah-buahan kedalam mangkuk
3)      Pastikan setiap jenis buah yang anda pakaia da
4)      Dalam wada hyang berbeda, masukan air minum kemudian campur dengan susu kental manis aduk hingga rata
5)      Pastikan rasanya sudah manis atau disesuaikan dengan selera anda
6)      Kemudian tuang air susu kedalam mangkuk berisi buah-buahan
7)      Masukan es serut lalu tuangkan sirup DHT diatas es serut



2        Analisis Peluang Usaha
         Semua proses produksi telah dilakukan, dari mulai pemilihan bhan-bahan yang baik sampai kepada packing, kemudian yang akan kami lakukan yaitu mencari peluang usaha. Dalam memulai usaha apapun, maka yang harus diketahui adalah peluang pasar yang dapat menerima produk kami ini. Peluang usaha sudah merupakan kunci penting dalam proses pemasaran karena pemasaran akan berjalan dengan lancar apabila sudah mendapatkan peluang usaha yang kita inginkan.
    Sistem pemasaran kami akan mampu menganalisis keunggulan dan kelemahan pesaing kami dan sejauh mana kemampuan kami untuk bersaing dengan mereka dalam segala aspek, baik itu dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas yang kami berikan kepada para konsumen. Kami akan mensurvei dan meneliti pesaing-pesaing kami bagaimana caranya membuat tela-tela dan es buahini agar berbeda dengan cemilan lainnya yang sudah beredar di pasaran. Bukan hanya rasanya saja yang berbeda namun kami akan membuat produk ini lebihberbeda dari segi packing, dan cara pemasarannya juga, yang pasti akan lebih unik dari pada yang lainnya, dengan seperti itu para konsumen tidak akan mengalami yang namanya kejenuhan dalam mengkonsumsi makanan ini.
         Kami akan menjual tela-tela dan es buah ini di tempat yang cukup ramai, yang banyak dikenal dan dilalui banyak orang, dengan seperti itu maka produk kami ini akan lebih cepat dikenal banyak lapisan masyarakat.
    
B.     MARKETING MIX ( BAURAN PEMASARAN )
              Dilihat dari promosi makanan yang cepat laku adalah pada tempat ramai seperti pasar, sekolah, kampus, kantor, itu adalah tempat yang paling strategis untuk mempromosikan barang dagangan. Berikut ini ada beberapa cara promosi dan Strategi pengembangan usaha yang akan kami lakukan :
1.      Pertama adalah lewat brosur, atau spanduk. Cara ini cukup efektif untuk memperkenalkan makanan yang kami jual, biasanya makanan sampai dikonsumen melalui pesan antar atau sering disebut DELIVERY.

2.      Melalui internet, cara ini semoga saja efektif walau tak semua orang memakai internet.  Tapi cara ini cukup memberikan informasi yang lebih kepada orang karena saat ini orang banyak membuka internet seperti facebook, twitter, yahoo, BBM, dan lain-lain, tak ada salahnya bila dicoba.
3.      Promosi yang menarik dan berkesinambungan.
4.      Menciptakan tela-teladanesbuahdengan bentuk yang menarik tidak sekedar bulat, seperti bentuk segitiga, persegi dll.
5.      Menjual di beberapa tempat yang ramai, seperti tempat wisata, wilayah kampus, wilayah sekolah, dan supermarket.

                       
Kegiatan pemasaran mempunyai peran sangat penting dalam kelancaran suatu usaha. Lancar tidaknya usaha ini selain dilihat dari kualitas produk, juga tergantung dari bagaimana cara kita sebagai produsen memasarkannya dengan strategi yang baik. Dalam usaha ini kami melakukan dua cara pemasaran, yaitu pemasaran langsung dan pemasaran tidak langsung.
1.      Kegiatan pemasaran langsung, yaitu memasarkan produk secara langsung kepada konsumen tanpa perantara lain. Keuntungan memperoleh laba dalam menggunakan jalur pemasaran ini lebih besar daripada pemasaran tidak langsung karena tidak memberikan jasa kepada pengecer atau distributor.
2.      Kegiatan pemasaran tidak langsung, yaitu memasarkan produk melalui pengecer. Dengan cara mencari distributor  yang mau bekerjasama atau menitipkan tela-teladanesbuahpada Pedagang perantara, di wilayahsekolah.




BAB III
ANALISIS SWOT

1.      Kekuatan (Strength)
a.       Harga Terjangkau
b.      Kualitas Terjamin
c.       Bahan baku yang mudah didapat
d.      Tidak menggunakan bahan pengawet
e.       Proses produksinya mudah sehingga tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga.
2.      Kelemahan (Weakness)
a.      Management tradisional
b.      Sarana dan prasarana sederhana
3.      Peluang (Opportunity)
a.       Pasar yang masih luas
b.      Kreativitas dan inovasi baru
c.       Bahan baku yang mudah didapat
4.      Ancaman (Threath)
a.       Munculnya variasi makanan jajanan
b.      Munculnya pesaing baru
c.       Sumberdaya manusia yang masih rendah pendidika




BAB IV
Analisis Biaya


Rincian biaya-biaya yang di keluarkan dalam pengolahan tela-tela dan esbuah
untuk 1 (satu) kali pembuatanadalah :

A.    Biaya Bahan Baku

1.      Singkong 5kg @ Rp 4.000
Rp       20.000

2.      Bumbubalado 4 bks @ Rp 5.000
Rp       20.000

3.      Minyakgoreng 2 ltr @ Rp 11.000
Rp       22.000

JUMLAH
Rp       62.000

1.      Melon 3 buah @ Rp10.000
Rp       30.000

2.      Kelapa 3 buah @ Rp3.000
Rp         9.000

3.      Agar-agar 3 bks @Rp 3.000
Rp         9.000

4.      Bijiselasih 1 bks @ Rp 4.000
Rp         4.000

5.      Mutiara 2 bks @ Rp 2.500
Rp         5.000

6.      Sirup DHT 1 btl @ Rp 22.000
Rp       22.000

7.      Susukentalmanis 2 kaleng @ Rp 9.000
Rp       18.000

8.      Pasta makanan 2btl @ Rp 2.500
Rp         5.000

9.      Gulapasir 1 ltr @ Rp 7.000
Rp         7.000

Jumlah
Rp     109.000
JumlahkeseluruhanRp 62.000+Rp109.000
Rp      171.000


B.     Biaya Peralatan
1.      wajan 1 buah @Rp 30.000
Rp.30.000
2.      Dandang/panci 1 buah @ Rp 40.000
Rp 40.000
3.      Kompor gas 1 buah @ Rp 40.000
Rp.40.000
4.      Baskom 3 buah @ Rp 10.000
Rp 30.000
5.      Pisau cuter 4 buah @ Rp 3.000
Rp.12.000
6.      Sendokgoreng/sutil 2 buah @ Rp15.000
Rp.30.000
7.      Kertasminyak 15 lbr @ Rp1.000
Rp.  5.000
8.      Gelas plastic 1 bks @ Rp17.000
Rp 17.000
9.      Sendok plastik1 bks @ Rp7.000
Rp.  7.000
Jumlah Biaya Peralatan
Rp. 211.000



C.     Biaya Penyusutan Peralatan
BPP   = Jumlah Biaya Peralatan / Umur Ekonomis
                =  Rp  211.000
                = Rp 211.000
            Biaya penyusutan peralatan perproduksi :Rp 211.000

D.    Biaya Pengeluaran per produksi
                                 
                  Jumlah pengeluaran perproduksi    =       Rp  171.000+ Rp 29.000
                                                                               =      Rp 200.000


I.       Perhitungan Penerimaan
1.       Produksi dalam 1 (satu) kali produksi akan menghasilkantela-tela 26 bks das esbuah 50 gelas,
Tela-telayang diproduksi  dalam 1 ( satu ) kali produksi adalah 26 bungkus  dengan harga perbungkus Rp. 5.000, dan es buah yang di produksi dalam 1 kali produksi adalah 50 gelas dengan harga pergelas Rp 5.000

2.      Hasil Penjualantela-teladanesbuah
Hasil Penjualan tela-tela    = Produksi x Harga per unit produksi
                                                      = 26Bungkus   x  Rp 5.000
                                                      = Rp 130.000
          Hasil penjualan es buah     = produksi x harga per unit produksi
                                                     = 50 gelas x Rp 5.000
                                                     = Rp 250.000


II.  Biaya Produksi
Berikut jumlah rincian biaya produksi tela-tela untuk menghasilkan 26 bungkus:
Biaya bahan baku                                            Rp62.000
Biaya produksi es buah menghasilkan 50 gelas
Biaya bahan baku =     Rp  109.000 + Rp 29.000
                              = Rp 138.000
            Jumlah                                                           Rp 62.000 + Rp 138.000= Rp 200.000




III.   Keuntungan ( Pendapatan )
Untuk menghitung Keuntungan, Penulis tidak memasukkan Biaya Peralatan dan penyusutan peralatan, karena Peralatan merupakan Modal/aktiva tetap yang sudah dimiliki sebelum membuka usaha. Jadi Penulis melakukan perhitungan keuntungan sebagai berikut:
       Keuntungan  = Hasil Penjualan – Biaya Produksi
                             =  Rp380.000 Rp 200.000
                             =  Rp   180.000

IV.   Persentasekeuntungan
       %keuntungan= keuntungan X 100
                                Biaya produksi
                             = 180.000 X 100
                                    200.000
                             = 90%
Dari hasil analisis biaya diatas maka keuntungan yang didapatkan untuk memproduksi tela-tela dan es buah  dalam periode produksi 1 kali produksi adalah Rp 180.000






                                                   

BAB V

PENUTUP


Keyakinan dan harapan

            Keyakinan dan harapan kami sebagai pengusaha tela-teladan es buah adalah ingin usaha ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang saya harapkan dan juga dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat luas. Selain itu juga kami berharap agar usaha kami ini mendapatkan perhatian dari pemerintah agar setiap kendala yang dihadapi oleh usaha ini dapat ditanggulangi sehingga kedepannya usaha ini dapat berkembang menjadi lebih baik lagi














  

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | Redesigned :Tukang Toko Online
Copyright © 2011. sepatu omport - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger